featured

A Great Experience of the FEP at BINUS University

4:01 AMUnknown

Here I am.... starting the first year of my four year journey through university. 

I really would like to share my experience during freshman orientation at BINUS university, it's been great so far. BINUS University has a very cool orientation program for the new students to get to know more about the campus life, lecturers and BINUS' unique education system. This program is called the Freshmen Enrichment Program. This is such a good way to make new friends at university. Bagaimanapun juga bersosialisasi dengan orang-orang yang ada disekitar kampus dan kelas kita itu penting banget dan juga supaya kita lebih semangat kuliah. Okay well, FEP ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu  General Orientation (GO), Academic Orientation (AO), dan Campus Life Orientation (CLO). Saya dan teman-teman di DBN16 saling kenalan satu sama lain dan DBN16 ini adalah gabungan beberapa mahasiswa baru dari beberapa jurusan, seperti GAT, Sastra Jepang, Sastra Cina dan HI dari Batch 4. Kita juga pastinya kenalan sama para senior yang disebut Buddy Coordinator (BC) yang setia membimbing kita selama orientasi ini berlangsung. Kita diberikan banyak informasi tentang FEP Binusian 2017 ini dan tujuannya. 

Right... I'm going to tell you about the General Orientation (GO) first.

Selama kelas berlangsung dari pagi sampai sore, kita diwajibkan untuk memakai baju putih dan celana panjang hitam dan sepatu tertutup setiap harinya, ya supaya terlihat lebih rapi aja sih alasannya. Di kelas para BC memberikan informasi-informasi penting tentang kehidupan kampus dan perkuliahan. Mereka juga menjelaskan tentang Aturan Tata Tertib Kehidupan Kampus, mengajarkan kita Mars Bina Nusantara, Mars Binusian dan Yel-yel Binusian (yang harus kita nyanyikan pada hari terakhir GO), mereka menerangkan juga tentang sistem poin SAT, kita wajib mengikuti program orientasi ini supaya kita bisa mendapatkan sertifikat kelulusan FEP dan kita wajib mendapatkan poin tersebut dengan minimal jumlah 85 poin. Para BC juga menjelaskan suatu sistem yang disediakan BINUS untuk bisa diakses para mahasiswa dan dosen yang sangat inovatif, yang disebut Binusmaya. Sistem ini memudahkan mahasiswa khususnya untuk bisa tetap memantau nilai, berkomunikasi dengan dosen dan teman-teman satu jurusan, dan hal-hal penting lainnya yang berhubungan dengan perkuliahan.

Pada hari terakhir GO, saya dan teman-teman menghadiri acara EXPO di Kampus Syahdan dan kami diberikan kesempatan untuk bisa memilih dan bergabung di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang kita minati. Semua UKM berkesempatan untuk mempromosikan club activity/group mereka di acara Bunga Rampai yang berlangsung dua hari sebelum acara EXPO ini diadakan, supaya para Binusian baru bisa mengenal lebih jauh UKM tersebut secara satu per satu.

Pada hari Selasa, 3 September 2013, saya dan teman-teman dari DBN16 bergabung dengan semua Binusian lainnya dari batch 1 s/d 4, dan ada juga Binusian dari BINUS International dan BINUS Alam Sutera, untuk menghadiri acara Inaugurasi di JCC. Hari itu seru banget karena para mahasiswa baru semangat banget buat pakai jas almamater yang sudah dibagikan sejak hari pertama orientasi. Kita semua bergabung disana dan ada sambutan juga dari Bapak Rektor dan wakil-wakil rektor juga. Disana juga kita semua menyanyikan Mars Bina Nusantara dan Mars Binusian, ada juga beberapa performance dari UKM seperti dance, theater, paduan suara dan pastinya ada juga performance dari para BC yang ikutan exist karena mereka lah yang membimbing kita selama orientasi ini berlangsung. They all did such a great job and we had so much fun that day!!

Next.... Academic Orientation (AO)

Orientasi ini lebih seperti praktek perkuliahan karena kita di bimbing langsung oleh dosen dan kita semua sudah diperbolehkan untuk pakai baju bebas tapi sopan. Orientasi akademik ini adalah pengenalan kita terhadap major yang kita pilih. Jurusan saya adalah Hubungan Internasional (HI), jadi disini kita dari jurusan HI bisa mengenal lebih jauh tentang HI, seru sih ada sesi tanya jawab juga dan sebagainya. Oh iya, di kelas ini kita dibagi lagi, jadi kelas ini tidak sama dengan kelas sebelumnya. Di GO, kita digabung dengan mahasiswa baru lainnya dari jurusan yang berbeda, tapi di AO ini semuanya dari satu jurusan aja, tapi ini juga gabungan dari beberapa batch. 

Ada juga acara di auditorium yang disebut International Experience, yang membahas tentang Student Exchange Program, Short Course Program dan sebagainya. Sesi ini juga seru banget karena kita bisa liat presentasi dari staf International Office (IO) tentang program-program tersebut dan kita semua juga bisa menanyakan langsung pertanyaan sama mahasiswa BINUS yang punya pengalaman atau yang sudah pernah mencoba program-program ini di universitas-universitas di luar Indonesia. Kita bisa tanya apa aja yang berhubungan dengan program tersebut dan staf IO BINUS siap membantu dan memberikan jawaban yang kita butuhkan.

Program FEP ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa baru seperti saya, untuk bisa lebih mengenal BINUS, kampus dimana saya menimba ilmu selama 4 tahun ke depan dan bisa juga untuk lebih mengenal teman-teman baru dan sistem pendidikan yang diterapkan di BINUS. Semoga tahun-tahun kedepannya program ini akan terus berlanjut dan lebih maju lagi. Two thumbs up buat pencetus program FEP di BINUS ini.... :) 

I have been enjoying my time during this orientation program because I have gotten to know more about my university, the people and I have also made so many new friends. This is an amazing experience in my first year at university!!!

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Flickr Images

Contact Form